Tugas 2 - Machine Learning

Nama : Lintang Ceissar Senja Chatulistiwa - 17170091
Kelas : 17.5A.33 / ARS University


Machine Learning 


  • Jelaskan yang dimaksud dengan data analisis sesuai yang anda ketahui 
Analisis data adalah pengolahan data menjadi informasi baru agar karakteristik data tersebut lebih mudah dipahami dan berguna untuk solusi suatu permasalahan yang berhubungan dengan penelitian. 

  • Apa yang dimaksud dengan data mining 
Data Mining adalah Serangkaian proses untuk menggali nilai tambah berupa informasi yang selama ini tidak diketahui secara manual dari suatu basisdata dengan melakukan penggalian pola-pola dari data dengan tujuan untuk memanipulasi data menjadi informasi yang lebih berharga yang diperoleh dengan cara mengekstraksi dan mengenali pola yang penting atau menarik dari data yang terdapat dalam basisdata. Biasa juga dikenal nama lain seperti : Knowledge discovery (mining) in databases (KDD), ekstraksi pengetahuan (knowledge extraction) Analisa data/pola dan kecerdasan bisnis (business intelligence. 




  • Jelaskan keterkaitan antara data mining, data analisis, dan data science
Data mining, data analisis, dan data science memiliki kesamaan yaitu sama - sama mengelola data, yang dimana nantinya digunakan sebagai solusi dari suatu permasalahan dan menghasilkan produk data yang sebenar - benarnya. 



Dimulai dari data mining yang mengidentifikasi suatu pola pada sekumpulan data, yang kemudian data analisis mengolah data menjadi informasi baru agar dapat mudah dipahami, dan data science mengeskstrak data agar dapat difilter yang nantinya akan mendapatkan data yang benar dan menghasilkan produk data yang sebenar - benarnya. 


  • Jelaskan keterkiatan antara Machine Learning, Artificial Intelligence ( AI ), dan data analisis
Artificial intelligent (AI) atau kecerdasan buatan adalah bidang ilmu komputer yang menekankan penciptaan mesin cerdas yang bekerja dan bereaksi seperti manusia. Menurut SAS, artificial intelligence memungkinkan bagi mesin untuk belajar dari pengalaman, menyesuaikan dengan input baru dan melakukan tugas seperti manusia.

Machine learning (ML) menurut SAS adalah metode analisis data yang mengotomatiskan pembuatan model analitis. Machine learning merupakan cabang dari artificial intelligence berdasarkan gagasan bahwa sistem dapat belajar dari data, mengidentifikasi pola dan membuat keputusan dengan intervensi menusia yang manual.

AI, Machine Learning, dan Analis Data ketiganya saling berkaitan karena Machine Learning merupakan cabang atau bagian dari AI. Didalam Machine Learning terdapat analisis data yang mengotomatiskan pembuatan model analitis. 



  • Berikan contoh data yang dapat di analisis secara ilmu pengetahuan
Contohnya adalah IBM Advanced Scout menggunakan data mining untuk menganalisis statistik permainan NBA (jumlah shots blocked, assists dan fouls) dalam rangka mencapai keunggulan bersaing (competitive advantage) untuk tim New York Knicks dan Miami Heat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 4 - Algoritma